Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelaksanaan dan Jadwal Sertifikasi Dosen Tahun 2022 telah dirilis !!! (Plus PO Serdos 2022)


Kingramli.com - Kabar bahagian bagi dosen yang belum serdos, Dirjendikti Kemdikbudristek kembali membuka penjaringan Serdos di Tahun 2022 ini, hal ini diketahui dari edaran Direktur Sumber Daya Nomor 1798/E4/KK.01.01/2022 Tanggal 31 Mei 2022 Tentang Pelaksanaan dan Jadwal Sertifikasi Dosen Tahun 2022

Seleksi Serdos Tahun 2022 ini dilaksanakan dalam 3 Gelombang yang dimuai dengan penarikan data Eligibel Serdos. Penarikan data eligible Sedos untuk gelombang pertama dilakukan pada tanggal 16 Juni 2022, untuk gelombang kedua tanggal 8 Agustus 2022 dan untuk ggelombang ketiiga 26 September 2022. Khusus untuk pelaksanaan Serdos gelombang ke 3 bagi dosen tetap (NIDN) di lingkungan Kemdikbudristek akan dibuka jika kuota maksimal Serdos belum terpenuhi

Bagi dosen yang belum Eligible untuk mengikuti Serdos masih ada kesempatan untuk memperbaiki atau melengkapi data dan dokumen sehingga bisa dengan persyaratan peserta Serdos sampai sehari (H-1) sebelum tanggal penarikan data untuk setiap gelombang. Untuk diketahui, semua perubahan adtta ini akan di validasi oleh Kemendikburistek dan LLDikti.

Terkait dengan pemenuhan TKBI/TKDA serta Pekerti/AA dapat diperoleh melalui Penyelenggara TKBI/TKDA dan Penyelenggara Pelatihan Pekerti/AA yang telah di tunjuk oleh DIkti, yang hasil kegiatannya akan di laporkan oleh penyelenggara melalui aplikasi SISTER, dan dosen tidak perlu melakukan usulan perubahan data untuk memperbaiki atau melengkapi data dan dokumen.

Dikecualikan untuk kegiatan yang dilakukan sebelum Agustus 2021, maka di upload secara mandiri oleh Dosen di aplikasi SISTER untuk di validasi oleh Kemendikbudristek, baik kegiatan yang di lakukan oleh penyelenggara yang di tunjuk atau tidak. Dengan batas tanggal sertifikat yang bisa di apload adalah hingga tanggal 27 Agustus 2021

Untuk detailnya, berikut adalah salinan edaran Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor 1798/E4/KK.01.01/2022 tanggal 31 Mei 2022 Tentang Pelaksanaan dan Jadwal Sertifikasi Dosen Tahun 2022

Keep stay di blog kami untuk update info dan artikel menarik lainnya.


Yth.
  1. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri di lingkungan Kemendikbudristek
  2. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I s.d. XVI
  3. Kementerian Mitra
Dalam rangka pelaksanaan Sertifikasi Pendidik untuk Dosen (Serdos) tahun 2022, kami informasikan hal hal sebagai berikut:
  1. Ketentuan pelaksanan Serdos tahun 2022, mengacu kepada Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 101/E/KPT/2022 tanggal 6 April 2022 tentang Pedoman Operasional Sertifikasi Pendidik untuk Dosen.
  2. Pelaksanaan Serdos tahun 2022 terbagi menjadi 3 gelombang dengan jadwal pelaksanaan sesuai pada (Lampiran-1), untuk pelaksanaan Serdos gelombang ke 3 bagi dosen tetap (NIDN) di lingkungan Kemdikbudristek akan dibuka jika kuota maksimal Serdos belum terpenuhi.
  3. Bagi dosen yang masih belum Eligible mengikuti Serdos dapat melakukan perubahan data untuk memperbaiki atau melengkapi data dan dokumen sesuai dengan persyaratan pesertaSerdos. Perubahan data memerlukan validasi oleh Kemendikbudristek maupun LLDIKTI.
  4. Pemenuhan sertifikat Pekerti/AA dapat diperoleh melalui Penyelenggara Pelatihan Pekerti/AA (Lampiran-2) dan pemenuhan skor TKBI/TKDA dapat diperoleh melalui Penyelenggara TKBI/TKDA (Lampiran-3), yang selanjutnya data dan sertifikat dosen yang telah mengikuti akan dilaporkan oleh Penyelenggara Pelatihan Pekerti/AA, TKBI/TKDA melalui aplikasi SISTER, dengan memikian dosen tidak perlu melakukan usulan perubahan data untuk memperbaiki atau melengkapi data dan dokumen.
  5. Bagi Dosen yang telah memiliki sertifikat Pekerti/AA dan atau skor TKBI/TKDA (memenuhi ambang batas skor) yang diperoleh melalui Penyelenggara Pelatihan Pekerti/AA, TKBI/TKDA yang sesuai dengan ketentuan Serdos Tahun 2020 dapat dipergunakan untuk memenuhi persyaratan peserta Serdos. Penginputan data dan sertifikat Pekerti/AA, TKBI, dan TKDA secara manual oleh Dosen melalui aplikasi SISTER PT dibatasi hingga tanggal 27 Agustus 2021. Jika melebihi batas waktu tersebut maka data dan dokumen tidak dapat divalidasi oleh Kemendikbudristek.
  6. Calon Dosen yang diSertifikasi (DYS) mengakses layanan Serdos pada aplikasi SISTER PT dan memperhatikan petunjuk/informasi yang terdapat pada layanan Serdos. Penyusunan Pernyataan Diri Dosen dalam Unjuk Kerja Tridarma Perguruan Tinggi (PDD-UKTPT) didukung bukti yang terdapat pada Portofolio DYS di aplikasi SISTER PT.
  7. Panitia Sertifikasi Dosen-Perguruan Tinggi Pengusul (PSD-PTU) agar mengunggah laporan Beban Kinerja Dosen (BKD) 2 (dua) Tahun terakhir bagi Calon DYS yang sudah masuk dalam daftar “Nominasi”, melaksanakan peran, tanggung jawab, termasuk dalam hal monitoring terkait Portofolio DYS dan sinkronisasi aplikasi SISTER PT selama pelaksanaan Serdos. Jika terdapat perbedaan data pada aplikasi SISTER PT dengan SISTER Kemendikbudristek, maka pelaksanaan Serdos mengacu pada data SISTER Kemendikbudristek.
Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Direktur Sumber Daya,
ttd
Mohammad Sofwan Effendi
NIP 196404031985031008

Tembusan:
Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi


Lampiran I : Surat Direktur Sumber Daya
Nomor : 1798/E4/KK.01.01/2022
Tanggal : 31 Mei 2022

GELOMBANG KE-1



GELOMBANG KE-2



GELOMBANG KE-3




Lampiran II : Surat Direktur Sumber Daya
Nomor : 1798/E4/KK.01.01/2022
Tanggal : 31 Mei 2022

DAFTAR PERGURUAN TINGGI PENYELENGGARA PELATIHAN PEKERTI DAN / ATAU AA




Lampiran III : Surat Direktur Sumber Daya
Nomor : 1798/E4/KK.01.01/2022
Tanggal : 31 Mei 2022

DAFTAR PERGURUAN TINGGI / LEMBAGA PENYELENGGARA TKBI / TKDA



Lampiran :
1. Salinan surat Download
2. Salinan PO Serdos 2022 Download

Artikel bermanfaat lainnya tersedia di link berikut

Post a Comment for "Pelaksanaan dan Jadwal Sertifikasi Dosen Tahun 2022 telah dirilis !!! (Plus PO Serdos 2022)"