Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Horee ... Pelaporan Kinerja Bidang Pembelajaran Daring Tahun 2021, Diperpanjang... ! (Plus Link Pendaftaran Sosialisasi SPADA)


Kingramli.com - Setelah cukup heoboh selama 2 pekan belakangan, akhirnya Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) memberikan perpanjangan waktu pelaporan Kinerja Bidang Daring

Pemberian perpanjangan waktu pelaporan Daring ini dilakukan mengingat masih banyaknya dosen dan mahasiswa yang belum mendaftar dan mengisi kuisioner penilaian efektifitas pembelajaran Daring di platform SPADA DIKTI

Selain itu, berdasarkan jadwal sosialisasi sebelumnya, pelaporan pembelajaran daring ternyata masih akan ada sampai tanggal 27 Juli 2021. Setelah ada perpanjangan waktu pelaporan, jadwal sosialisasipun di atur ulang sampai tanggal 8 Agustus 2021

Jadi memang agak sedikit aneh jika pelaporan dan pengisian surveynya di tutup sementara proses sosialisainya masih berjalan.

Apa itu Pembelajaran Daring

Daring adalah singkatan atau akronim dari "Dalam Jaringan" yang bermakna terhubung melalui jejaring komputer, internet dan sebagainya, dan merupakan lawan kata atau antonim dari Luring (Luar Jaringan)

Pembelajaran daring adalah sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media penghubung jejaring komputer, internet dan lain sebagainya secara realtime atau online.

Untuk merangsang gairah kampus bersegera memanfaatkan pola dan metode pembelajaran ke metode daring, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud memasukkan pembelajaran daring sebagai salah satu indikator pemeringkatan perguruan tinggi.


Dalam rangka pelaksanaan Klasterisasi Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2021, diharapkan agar Perguruan Tinggi dapat melaporkan kegiatan pada bidang Pembelajaran Daring dengan melakukan pengisian kuesioner pada Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia dan mengintegrasikan Learning Management System (LMS) Perguruan Tinggi dengan SPADA Indonesia (integrasi sementara baru mendukung LMS dengan platform moodle).

Bagi perguruan tinggi yang LMS nya belum terintegrasi atau tidak menggunakan LMS dengan platform moodle, agar segera membuat akun khusus sehingga dapat dilakukan penilaian terhadap pembelajaran daring di LMS PT tersebut pada laman SPADA Indonesia.

Guna mengukur kinerja penyelenggaraan Pembelajaran Daring di perguruan tinggi ini, diharapkan kuisioner ini dapat diisi oleh Dosen, Admin Pembelajaran Daring PT, dan Mahasiswa.

Syarat dan ketentuan pengisian kuesioner adalah Dosen, Admin Pembelajaran Daring PT, dan Mahasiswa harus sudah terdaftar pada SPADA Indonesia (https://spada.kemdikbud.go.id). Jika belum terdaftar, diharapkan agar segera mendaftar terlebih dahulu dengan ketentuan email akun di SPADA Indonesia sama dengan email di LMS PT.

Sebelumnya, berdasarkan surat Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan nomor 3562/E2/PB.03.00/2021 tanggal 6 Juli 2021 perihal Pelaporan Kinerja Bidang Pembelajaran Daring, didapati bahwa tanggal penutupan pelaporan kinerja bidang pembelajaran daring adalah tanggal 25 Juli 2021.

Melalui edaran Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan nomor 4224/E2/PB.03.00/2021 tanggal 23 Juli 2021 perihal Perpanjangan Waktu Pelaporan Kinerja Bidang Pembelajaran Daring, Masa pengisian pelaporan kinerja bidang pembelajaran daring diperpanjang sampai dengan tanggal 16 Agustus 2021

Tentunya dengan perpanjangan ini, dihimbau karena masih ada waktu bagi perguruan tinggi untuk kembali berbenah memperbaiki dan melakukan sosialisasi pengisian data dan survey pembelajaran daring 2021 di platform SPADA Dikti kepada Dosen dan Mahasiswanya demi mengejar poin pemeringkatan perguruan tinggi tahun 2021 dibidang pembelajaran daring.

Keep stay di blog kami untuk update info dan artikel menarik lainnya.

Lampiran
1. Surat Perpanjangan Pelaporan Kinerja Bidang Pembelajaran Daring 2021 Download
2. Surat Klasterisasi Pembelajaran Daring 2021 beserta Panduannya Download
3. Surat Restore Mata Kuliah Hibah Daring beserta lampirannya Download
4. Panduan Restore Mata Kuliah Download
5. Vidio Sosialisai dan Bimtek Integrasi SPADA 2021 Tanggal 15 Juli 2021
6. Link pendaftaran dan Jadwal Sosialisasi SPADA Tahun 2021

Artikel bermanfaat lainnya tersedia di link berikut

Post a Comment for "Horee ... Pelaporan Kinerja Bidang Pembelajaran Daring Tahun 2021, Diperpanjang... ! (Plus Link Pendaftaran Sosialisasi SPADA)"