Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Serial PDDikti 03 : Langkah-langkah Pelaporan data di PDDikti Feeder

Kingramli.com – Assalaamu’alaim, salah sejahtera. Setelah anda memahami apa itu PDDikti, Tujuan diadakannya pelaporan PDDikti, konsekuensinya jika tidak belaporkan data yang valid secara secara berkala, kemudian mengenal jenis data yang wajib dilaporkan, tentu saja berikutnya adalah bagaimana melaporkan datanya menggunakan aplikasi PDDikti Feeder.

Pelaporan yang akan kami bahas ini adalah gambaran dari pelaporan data per item menu pelaporan data di aplikasi PDDikti Feeder, untuk tutorial detail proses pelaporannya Insya Allah akan kami bahas di artikel yang lain Insya Allah.

Di aplikasi PDDikti Feeder sudah tersedia berbagai menu pelaporan yang disesuaikan dengan berbagai uturan yang ada, jika ada perubahan kebijakan dan aturan terkait pelaporan data, tentu saja aplikasi ini yang merupakan repsentasi kebijakan pelaporan data tridarma pergurun tinggi akan menyesuaikan dengan aturan terbaru yang keluar.

Pembahasan kami ini lebih fokus kepada menu-menu yang tersedia saat ini, bisa saja dimasa mendatang akan ada perubahan sesuai kebijakan saat itu.

Tulisan yang ada dihadapan anda sekarang adalah seri ketiga dari serial PDDikti, seri sebelumnya Seri 02. seri selanjutnya Seri 04.

Selamat membaca.


Langkah-langkah Pelaporan data di PDDikti Feeder

Pertama : Pengaturan Periode Perkuliahan

Pelaporan periode perkuliahan adalah melaporkan kalender perkuliahan sekaligus mendata rekapan pendaftaran mahasiswa baru termasuk mahasisa transver di semester berjalan. Pelaporan dilakukan pada setiap semester.

Lokasi di menu : Pelengkap > Pengaturan Periode Perkuliahan > Tambah

Tampilan isian laporan sebagai berikut


Data Detail Mahasiswa yang diinput : a. Semester pelaporan; b. Program Studi; c. Target Mahasiswa Baru; d. Pendaftar Ikut Seleksi; e. Pendaftar Lulus Seleksi; f. Daftar Ulang; g. Mengundurkan Diri; h. Tanggal Perkuliahan; i. Jumlah minggi pertemuan

Kedua : Skala Nilai

Skala Nilai merupakan menu yang digunakan untuk menyimpan range nilai dari masing-masing program studi yang ada pada sistem. Skala nilai ini wajib dilaporkan di awal sebelum proses pengimputan nilai diproses.

Skala nilai dilaporkan sekali saja, kecuali jika ada perubahan skala nilai maka akan diadakan pembaruan dengan cara mengedit data yang ada.

Tampilan isian laporan sebagai berikut


Data Detail Mahasiswa yang diinput : a. Program Studi; b. Nilai Huruh; c. Nilai Indeks; d. Bobot Nilai Minimum; e. Bobot Nilai Maksimum; f. Tanggal Mulai Efektif; g. Tanggal AKhir Efektif

Ketiga : Pelaporan Profil Mahasiswa.

Dilaporkan hanya pada waktu penerimaan mahasiswa saja, atau dilaporkan hanya ketika ada mahasiswa baru saja.

Lokasi di menu : Mahasiswa > Daftar Mahasiswa > Tambah

Tampilan isian laporan sebagai berikut


Data Detail Mahasiswa yang diinput :
  1. Profil Diri : a. Nama; b. Tempat Lahir; c. Tanggal Lahir; d. Jenis Kelamin; e. Agama; f. Nama Ibu Kandung; g. Kewarganegaraan; h. Nomor Induk Kependudukan (NIK), Khusus WNA menggunakan Nomor Passport; i. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); j. Nopor Pokok Wajib Pajak (NPWP); k. Alamat, Dusun, RT dan RW; l. Kelurahan dan Kodepos; m. Kecamatan; n. Jenis Tinggal; o. Alat ransportasi; p. Nomor Telepon dan Nomor HP; q. Email; r. Nomor KPS, khusus penerima KPS.

  2. Profil Ayah dan Ibu : a. NIK; b. Nama; c. Tempat Lahir; d. Pendidikan; e. Pekerjaan; f. Penghasilan


  3. Profil Wali : a. NIK; b. Nama; c. Tempat Lahir; d. Pendidikan; e. Pekerjaan; f. Penghasilan


  4. Data Kebutuhan Khusus


  5. Data Histori Pendidikan
    Lokasi di menu : Mahasiswa > (pilih salah satu mahasiswa yang ingin di input historinya) > History Pendidikan > Tambah

    Detail data uang diinput : a. NIM; b. Jenis Pendaftaran; c. Jalur Pendaftaran; d. Periode Pendaftaran; e. Tanggal Masuk; f. Pembiayaan Awal; g. Biaya Masuk; h. Perguruan Tinggi; i. Fakultas / Program Studi; j. Peminatan, Khusus PPG; dan khusus mahasiswa non peserta didik baru, ditambah data berikut : k. Jumlah SKS diakui; l. Asal perguruan tinggi; m. Asal program studi.


  6. Data Nilai Transfer (Khusus mahasiswa non peserta didik baru mahasiswa yang mengambil program pertukaran mahasiswa di merdeka belajar)
    Lokasi di menu : Mahasiswa > (pilih salah satu mahasiswa yang ingin di input historinya) > Nilai Transver > Tambah

    Detail data yang diinput : a. Perguruan Tinggi Asal; b. Kode MK Asal; c. Mata Kuliah Asal; d. SKS Asal; e. Nilai Huruf Asal; f. Mata Kuliah Diakui; g. Nilai Huruf Diakui; h. Nilai Indeks Diakui.


  7. Prestasi
    Lokasi di menu : Mahasiswa > (pilih salah satu mahasiswa yang ingin di input prestasinya) > Prestasi > Tambah Prestasi

    Detail data uang diinput : a. Aktifitas Mahasiswa (merujuk ke data yang di input di menu Aktifitas Mahasiswa); b. Jenis Prestasi; c. Tingkat Prestasi; d. Nama Prestasi; e. Tahun Pelaksanaan; f. Penyelenggara; g. Peringkat

Keempat : Pelaporan Mata Kuliah.

Mendatakan seluruh mata kuliah yang berlaku di kampus. Pelaporannya hanya sekali saja. Dilaporkan kembali jika ada Mata Kuliah baru atau ada peubahan Mata Kuliah yang berlaku.

Lokasi di menu : Perkuliahan > Mata Kuliah > Tambah

Tampilan isian laporan sebagai berikut


Data Detail Mata Kuliah yang diinput :
  1. Profil Mata Kuliah : a. Kode Mata Kuliah; b. Nama Mata Kuliah; c. Program Studi Pengampu; d. Jenis Mata Kuliah (Wajib Nasional, Wajib Program Studi, Pilihan, Pilihan Peminatan, Skripsi/Tugas Akhir); e. Bobot Mata Kuliah (SKS) terdiri dari Bobot Tatap Muka, Praktikum, Paktik Lapangan, Simulasi; f. Metode Perkuliahan; g. Tanggal Mulai Efektif; h. Tanggal Akhir Efektif

  2. Rencana Pembelajaran.
    Lokasi di menu : Perkuliahan > Mata Kuliah > (silakan pilih mata kuliah yang ingin di input rencana perkuliahannya > Tambah Rencana Pembelajaran

    Data di input dalam 14-16 pertemuan, dengan per pertemuan memuat data ringkasan materi dalam bahasa indonesia dan bahasa Inggris


  3. Rencana Evaluasi.
    Lokasi di menu : Perkuliahan > Mata Kuliah > (silakan pilih mata kuliah yang ingin di input rencana perkuliahannya > Tambah Rencana Evaluasi

    Mendata bobot (%) penilaian untuk 3 Basis Evaluasi kemudian setiap basis evaluasi dan komponennya di deskripsikan dalam bahasa indonesia dan bahasa ingris. Basis Evaluasi terdiri dari : a. Aktifitas Partisipasif; b. Hasil Proyek; c. Kognitif/Pengetahuan yaitu Tugas, Quiz, UTS dan UAS.

Kelima : Pelaporan Substansi Kuliah, Khusus untuk prodi kesehatan

Substansi kuliah adalah modul / bidang ilmu / konten pembelajaran yang diberikan atau diajarkan secara bertahap, tersebar dalam serangkaian blok matakuliah yang akan ditempuh mahasiswa sampai kelulusan.

Sistem Pembelajaran Terintegrasi dengan Sistem Blok ini umumnya di PT/Universitas yang memiliki Program Studi Kedokteran atau Kesehatan.

Dilaporkan hanya sekali saja, kecuali ada penambahan mata kuliah yang menggunakan sistem Blok

Lokasi di menu : Perkuliahan > Substansi Kuliah > Tambah

Tampilan isian laporan sebagai berikut


Data Detail Substansi Kuliah yang diinput adalah Profil Substansi Kuliah : a. Nama Substansi; b. Program Studi; c. Bobot Mata Kuliah (SKS) terdiri dari Bobot Tatap Muka, Praktikum, Praktik Lapangan dan Simulasi.

Keenam : Pelaporan Kurikulum.

Pelaporannya hanya sekali saja, dan dilaporkan kembali jika ada perubahan kurikulum yang berlaku.

Lokasi di menu : Perkuliahan > Kurikulum > Tambah

Tampilan isian laporan sebagai berikut


Data Detail Kurikulum yang di input :
  1. Profil Kurikulum : a. Nama Kurikulum; b. Program Studi; c. Masa Berlaku; d. Jumlah SKS minimal kelulusan terdiri dari Bobot SKS Mata Kuliah Wajib dan Bobot SKS Mata Kuliah Pilihan.

  2. Sebaran MK dalam Kurikulum
    Lokasi di menu : Perkuliahan > Kurikulum > silakan memilih salah satu kurikulum > Tambah Matakuliah

    Detail data yang diinput : a. Kode dan Nama Mata Kuliah; b. Semester Aktif Mata Kuliah; c. Jenis Mata Kuliah (Wajib atau Pilihan).

Ketujuh : Pelaporan Kelas Perkuliahan.

Mendata seluruh Mata Kuliah yang di tawarkan di semester berjalan beserta dosen pengampu dan mahasiswa yang memprogramkan Mata Kuliah tersebut. Dilaporkan pada setiap semester

Lokasi : Perkuliahan > Kelas Perkuliahan > Tambah


Data Detail Kelas Perkuliahan yang diinput :
  1. Profil Kelas Perkuliahan : a. Program Studi; b. Semester pelaporan; c. Kelas Kampus Merdeka (Ya atau Tidak); d. Kode dan Nama Mata Kuliah; e. Nama Kelas; f. Pokok Bahasan; g. Lingkup (Internal, External atau Campuran); h. Mode Kuliah (Online, Offline atau Camputan); i. Tanggal Mulai Efektif; j. Tanggal Akhir Efektif.

  2. Dosen Pengajar
    Lokasi di menu : Perkuliahan > Kelas Perkuliahan > silakan memilih program studi lalu semester aktif lalu mata kuliah yang ingin di input dosen pengajarnya > Dosen Pengajar > Aktifitas Mengajar Dosen

    Detail data yang diinput : a. NIDN dan Nama Dosen; b. Substansi Perkuliahan, Khusus mata kuliah yang menggunakan substansi mata kuliah; c. Bobot SKS; d. Jumlah Rencana Pertemuan; e. Jumlah Realisasi Pertemuan; f. Jenis Evaluasi.


  3. Peserta Kelas / Mahasiswa KRS :
    Lokasi di menu : Perkuliahan > Kelas Perkuliahan > silakan memilih program studi lalu semester aktif lalu mata kuliah yang ingin di input peserta kelasnya > Mahasiswa KRS / Peserta Kelas

    Disini cukup menginput NIM dan Nama Mahasiswa yang dilaporkan kemudian klik tombol “ + Peserta “. Untuk melaporkan secara massal bisa menggunakan fasilitas Input Kolektif Peserta, dengan hanya mencentang mahasiswa peserta kelas dari daftar mahasiswa seluruh angkatan yang tersedia

Kedelapan : Pelaporan Nilai Perkuliahan.

Mendata seluruh nilai hasil perkuliahan mahasiswa di semester berjalan. Dilaporkan pada setiap semester

Lokasi di menu : Perkuliahan > Nilai Perkuliahan > silakan pilih program studi dan semester aktif lalu memilih mata kuliah yang akan diinput nilainya > edit

Tampilan isian laporan sebagai berikut


Data Detail Nilai Perkuliahan yang diinput : Cukup memasukkan nilai angka dan nilai huruf dari hasil capaian pembelajaran mahasiswa

Kesembilan : Pelaporan Aktifitas Kuliah Mahasiswa (AKM).

Mendata aktifitas seluruh mahasiswa terdaftar di kampus untuk semester berjalan, terdiri dari Aktif, Cuti atau Non-Aktif. Dilaporkan pada setiap semester

Lokasi di menu : Perkuliahan > Aktifitas Perkuliahan Mahasiswa > Tambah


Data Detail Aktifitas Kuliah Mahasiswa yang diinput : a. NIM dan Nama mahasiswa yang dilaporkan; b. Semester Pelaporan; c. Status Mahasiswa (Aktif, Cuti, Non Aktif, Kampus Merdeka, Doble Degree); d. IPS; e. IPK; f. Jumlah SKS Semester; g. Jumlah SKS Total; h. Biaya Kuliah semester berjalan.

Untuk melaporkan secara masal per angkatan bisa menggunakan fasilitas Hitung Aktifitas Perkuliahan Mahasiswa. Lokasi : Perkuliahan > Hitung Aktifitas Perkuliahan Mahasiswa. Disini data bisa di edit sebelum di klik tombol simpan.


Kesepuluh : Pelaporan Aktifitas Mahasiswa.

Melaporkan seluruh aktifitas mahasiswa yang melibatkan dosen sebagai pembimbingnya di semester berjalan. Dilaporkan pada setiap semester, jika ada kegiatan yang pembimbingannya lebih dari satu semester, maka setiap semester pelaksanaannya tetap dilaporkan.

Lokasi : Perkuliahan > Aktifitas Mahasiswa > Tambah

Tampilan isian laporan sebagai berikut


Data Detail Aktifitas Mahasiswa yang diinput :
  1. Profil Aktifitas : a. Program Studi; b. Semester Pelaporan; c. Jenis Aktifitas*); d. Judul Aktifitas; e. Lokasi Kegiatan; f. Nomor SK Tugas; g. Tanggal SK Tugas; h. Jenis Anggota (Personal atau Kelompok); i. Keterangan.

    *) Jenis Aktifitas terdiri dari : a. Laporan Akhir Studi (Diploma); b. Tugas Akhir (S1); c. Tesis (S2); d. Disertasi (S3); e. Kuliah Kerja Nyata (KKN); f. Kerja Praktek/PKL (Magang); g. Bimbingan Akademik (Dosen PA); h. Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM); i. Kompetisi; j Aktifitas Kemahasiswaan secara umum; dan k. Tujuh item Program Kampus Merdeka

  2. Peserta Aktifitas yaitu mahasiswa yang dibimbing : cukup memasukkan NIM dan nama mahasiswa yang dilaporkan serta peran peserta (Ketua, Anggota atau Personal) lalu klik tombol “ + Peserta “
  3. Dosen Pembimbing : a. NIDN dan Nama Dosen; b. Urutan Pembimbing; c. Kategori Kegiatan
  4. Dosen Penguji : a. NIDN dan Nama Dosen; b. Urutan Penguji; c. Kategori Kegiatan

Kesebelas : Pelaporan Konversi Kampus Merdeka.

Ini khusus untuk melaporkan data konversi hasil pelaksanaan merdeka belajar per mahasiswa di semester berjalan. Jika kampus mendatakan pelaksanaan aktifitas merdeka belajar maka otomatis data Pelaporan Konversi Kampus Merdeka akan ditampilan. Pelaporannya dilakukan pada setiap semester.

Lokasi di menu Perkuliahan > Kegiatan Kampus Merdeka > silakan pilih aktifitas merdeka belajar yang akan diinput rekognisinya > klik edit di data mahasiswa yang akan direkognisi > Tambah

Tampilan isian laporan sebagai berikut


Data Detail Konversi Kampus Merdeka yang diinput : cukup menginput kode dan nama mata kuliah hasil rekognisi merdeka belajar beserta SKS, Nilai Angka dan Nilai Hurufnya.

Keduabelas : Pelaporan Daftar Mahasiswa Lulus / Drop Out.

Mendatakan seluruh mahasiswa yang keluar di setiap semester, baik keluar karena lulus, mutasi, mengundurkan diri, dikeluarkan dll. Dilaporkan pada setiap semester.

Lokasi : Perkuliahan > Daftar Mahasiswa Lulus / Drop Out > Tambah

Tampilan isian laporan sebagai berikut


Data Detail Daftar Mahasiswa Lulus / Drop Out yang diinput : a. NIM dan Nama mahasiswa yang dilaporkan; b. Jenis Keluar (Lulus, Mutasi, dll); c. Tanggal Keluar; d. Periode Keluar; e. Keterangan; f. Nomor SK Yudisium; g. Tanggal SK Yudisium; h. IPK; i. Nomor Ijazah (PIN) / Nomor Sertifikat Kompetensi.

Ketigabelas : Pelaporan Transkrip Mahasiswa.

Pelaporan menu ini dilakukan setelah semua data nilai mahasiswa sudah dilaporkan disemester berjalan. Pelaporannya dilakukan pada setiap semester.

Lokasi : Perkuliahan >Transkrip Mahasiswa > Perhitungan Transkrip Angkatan > Hitung Transkrip.


Cara pelaporannya, cukup mengklik tombol “Hitung Transkrip” untuk semua angkatan aktif yang dilaporkan

Demikian langkah langkah perlaporan data di PDDikti Feeder.

Hasil pelaporan ini bisa di cek dan di validasi sebelum final disinkron ke PDDikti

Bersambung ...

Sebelumnya Mengenal Data yang dilaporkan ke PDDikti, Selanjutnya Pelaporan Webservice dan Validasi Pelaporan PDDikti Feeder.

Artikel bermanfaat lainnya tersedia di link berikut

3 comments for "Serial PDDikti 03 : Langkah-langkah Pelaporan data di PDDikti Feeder"

  1. keren pak

    ReplyDelete
  2. ijin bertanya, misal mata kuliah keperawatan gawat darurat total 4 SKS, terdiri dari 2 SKS teori, 1 SKS praktikum dan 1 SKS praktik lapangan. Untuk realita praktikum dibagi menjadi 3 kelas, sehingga 3 x 1 SKS, penulisan tersebut di feeder bagaimana ? apakah SKS rencana dan realisasi di feeder harus sama ? terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih untuk artikelnya pak, sangat informatif dan memberikan penjelasan. Jika saya ingin membuat program perantara antara SIAKAD dengan PDDIKTI ini memanfaatkan Web Service yang ada apakah terdapat Sandbox atau developer version untuk coba2 insert dan updatenya ?

    ReplyDelete

Silakan meningalkan jejak, dengan membuat komentar yang bermanfaat ...