Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penerimaan Proposal Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sain (IPTEK) Perguruan Tinggi (PUI – PT) Tahun 2021

Kingramli.com - Pengembangan dan penguatan Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi (PUI-PT) ini dibentuk untuk menjawab tantangan yang dihadapi dalam pembangunan ipteks yakni : bagaimana meningkatkan dukungannya pada sektor-sektor produksi barang dan jasa agar dapat lebih efisien, produktif, dan berdaya saing; mendukung kerberlanjutan dan pemanfaatan sumber daya alam; dan memberi dukungan ilmiah bagipara pengambil kebijakan/pengelola pembangunan untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia menyongsong kehidupan global yang maju dan modern.

Kegiatan pengembangan dan penguatan ini diarahkan untuk memperkuat lembaga penelitian yang ada di perguruan tinggi agar mampu menghasilkan inovasi teknologi berbasis pengembangan produk dan saintifik dalam rangka mendukung peningkatan daya saing bangsa.

Dengan keunggulan-keunggulan PUI-PT dalam bidang penelitian, inovasi, yang mengarah kepada produk dan saintifik, serta didukung dengan peralatan yang memadai dan mutakhir maka PUI-PT memiliki kapasitas dan kompetensi dalam mendukung tercapainya tujuan Kampus Merdeka yaitu mendorong proses pembelajaran di Perguruan Tinggi yang semakin otonom dan fleksibel serta menciptakan kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

PUI-PT terbagi menjadi dua kategori yakni PUI-PT yang berorientasi pada produk (PUI-PTOP) dan PUI-PT yang berorientasi pada saintifik (PUI-PTOS).

Salah satu ciri yang membedakan PUI-PT ini dengan PUI sebelumnya adalah penekanan utama pada pengembangan sumber daya manusia Indonesia serta kompetensi keilmuan yang menjadi ciri khas sebuah perguruan tinggi seperti misalnya mengelola jurnal serta menyelenggarakan simposium/seminar/workshop berskala internasional.

Untuk meningkatkan dan menguatkan PUI-PT maka penguatan akan dilakukan berdasarkan evaluasi kinerjasesuai kriteria yang telah ditetapkan yaitu academic excellence serta commercialization and implementation yang meliputi penguatan tata kelola, akademik, dan komersialisasi atau pemanfaatan hasil teknologi di PUI-PT tersebut.

Hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang No. 11 Tahun 2019 yaitu penyiapan sumber daya manusia untuk Penyelenggaraan IPTEK, peningkatan mutu dan kesesuaian IPTEK serta pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan IPTEK(Pasal 15), agar dapat meningkatkan daya saing serta mewujudkan kemandirian bangsa (Pasal 16) yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau Masyarakat (Pasal 17).

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan daya saing Perguruan Tinggi di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan bantuan penguatan kelembagaan Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sain (IPTEK) Perguruan Tinggi (PUI – PT) Tahun 2021.

Sehubungan dengan itu, Ditjen Dikti membuka kesempatan kepada Perguruan Tinggi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk mengajukan proposal Program PUI – PT pendanaan Tahun Anggaran 2021. Proposal tersebut dikirimkan selambatnya 9 Juni 2021 pukul 23.59 WIB

Untuk detailnya, berikut adalah surat dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek Nomor 2397/E3/KB.07.00/2021 tanggal 3 Juni 2021 terkait Penerimaan Proposal PUI-PT

Keep stay di blog kami untuk update info dan artikel menarik lainnya.


Yth. Rektor/Ketua Perguruan Tinggi
di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan daya saing Perguruan Tinggi di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan bantuan penguatan kelembagaan Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sain (IPTEK) Perguruan Tinggi (PUI – PT) Tahun 2021.

Sehubungan dengan itu, Ditjen Dikti membuka kesempatan kepada Perguruan Tinggi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk mengajukan proposal Program PUI – PT pendanaan Tahun Anggaran 2021 dengan mengacu pada petunjuk teknis terlampir.

Proposal tersebut dikirimkan selambatnya 9 Juni 2021 pukul 23.59 WIB melalui posel dengan format subyek: Proposal (nama_puipt) ke alamat: puipt@kemdikbud.go.id, tembusan ke penilaiankinerjapt@kemdikbud.go.id; sedangkan berkas/salinan cetak sebanyak satu set berupa proposal dan borang data yang telah dilengkapi sesuai petunjuk teknis, dikirimkan selambatnya 9 Juni 2021 (cap pos), ke alamat:

Up. Subdit Penilaian Kinerja – Direktorat Kelembagaan, Gedung D, Lantai 6,
Komplek Kemendikbud Jalan Jenderal Sudirman, Pintu 1, Senayan,
Jakarta Pusat 10270

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Direktur Kelembagaan,
ttd
Ridwan
NIP. 19621201992031001

Tembusan:
1. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi;
2. PPK/BPP Direktorat Kelembagaan

Lampiran
1. Salinan surat Download
2. Panduan Download

Artikel bermanfaat lainnya tersedia di link berikut

Post a Comment for "Penerimaan Proposal Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sain (IPTEK) Perguruan Tinggi (PUI – PT) Tahun 2021"