Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tawaran Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI) Tahun 2021


Kingramli.com - Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa kualifikasi akademik minimum bagi dosen adalah lulusan program magister untuk program pendidikan diploma dan sarjana, dan lulusan program doktor untuk program pendidikan pascasarjana.

Berdasarkan data dari PDDikti (Buku Statistik 2020), jumlah dosen pada perguruan tinggi negeri maupun swasta mencapai 261.827 orang. Dari jumlah tersebut, mayoritas masih berkualifikasi magister (70%), sedangkan yang berkualifikasi doktor hanya 15,6%. Sisanya bahkan masih ada yang berkualifikasi sarjana dan diploma. Kesenjangan yang terlalu jauh antara dosen dengan kualifikasi S2 dan jenjang lainnya ini akan berdampak terhadap optimalisasi proses pembelajaran dan riset sebagai aktivitas utama pendidikan tinggi.

Menghadapi tantangan di atas, Direktorat Sumber Daya merasa perlu melakukan intervensi untuk mengurangi kesenjangan antara dosen yang berkualifikasi magister dan doktor.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menyediakan beasiswa studi jenjang doktor, baik di dalam maupun luar negeri. Namun, melanjutkan studi ke jenjang doktor bukanlah perkara mudah. Banyak dosen yang kesulitan untuk mendapatkan tempat di perguruan tinggi yang diinginkan karena kendala proposal penelitian dan kemahiran berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, yang masih belum memenuhi syarat yang ditentukan oleh perguruan tinggi tujuan. Hal ini terutama berlaku bagi dosen yang ingin melanjutkan studi S3 ke perguruan tinggi luar negeri.

Untuk menjawab permasalahan di atas, Direktorat Sumber Daya kembali menghadirkan program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris di tahun 2021 ini. Program ini merupakan kursus bahasa Inggris secara intensif untuk membantu dosen meningkatkan skor IELTS, sebagai salah satu syarat mendaftar program doktor ke perguruan tinggi luar negeri.

Ditujukan khusus bagi Dosen yang memiliki NIDN atau NIDK, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) akan mengadakan Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI) untuk perguruan tinggi akademik di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh kementerian dalam rangka mempersiapkan para dosen untuk mengikuti studi jenjang doktoral ke luar negeri di tahun 2021

Pendaftaran Program PKBI ini mulai dibuka dari tanggal 2 Juni sampai dengan 10 Juli 2021.

Program pembekalan ini dilaksanakan selama tiga bulan terhitung mulai tanggal 26 Juni 2021 secara daring {online).

Pembiayaan kegiatan akan ditanggung oleh Direktorat Sumber daya. Biaya yang ditanggung antara lain Biaya Pelatihan (at cost), Biaya testing IEKTS (maksimal 2 kali), dan Biaya paket data dan komunikasi yang dibayarkan melalui pusat bahasa penyelenggara pelatihan bahasa inggris.

Persyaratan mengikuti pelatihan ini antaran lain : Dosen tetap yang memiliki NIDN atau NIDK pada perguruan tinggi akadimik yang terdaftar dan aktif di laman https://pddikti.kemdikbud.go.id dengan batas usia maksimal 38 tahun saat penutupan pendaftaran, tidak berstatus sedang tugas belajar atau ijin belajar, jenjang pindidikan terakhir minimal S2, dll

Untuk detailnya, berikut adalah surat dari Direktur Sumberdaya Nomor 1718/E4/KD.02.01/2021 tanggal 22 Juni 2021 terkait Tawaran Pendaftaran Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI) Tahun 2021

Keep stay di blog kami untuk update info dan artikel menarik lainnya.


Yth.
  1. Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri
  2. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I s.d. XVI

  3. di lingkungan Kementerian Pendidikan, Pendidikan, Riset, dan Teknologi
Dalam rangka mempersiapkan dosen untuk studi jenjang doktoral ke luar negeri, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan menyelenggarakan Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI) bagi dosen yang memiliki NIDN atau NIDK pada perguruan tinggi akademik di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2021.

Beberapa hal terkait program PKBI bagi dosen untuk tahun anggaran 2021, adalah sebagai berikut:
  1. Pendaftaran program PKBI dibuka mulai tanggal 28 Juni s.d. 10 Juli 2021;
  2. Program PKBI akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan secara daring (online), terhitung mulai tanggal 26 Juli 2021;
  3. Direktorat Sumber Daya akan menyediakan biaya pelatihan (at cost), biaya tes IELTS (maksimal dua kali), dan biaya paket data dan komunikasi bagi peserta (sesuai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan No.119/PMK.02/2020 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2020), yang dibayarkan melalui pusat bahasa penyelenggara pelatihan bahasa Inggris.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mohon bantuan Bapak/Ibu untuk menginformasikan tawaran ini kepada para dosen di instansi Bapak/Ibu yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Dosen tetap pada perguruan tinggi akademik;
  2. Memiliki NIDN atau NIDK yang terdaftar dan aktif di https://pddikti.kemdikbud.go.id;
  3. Usia maksimal 38 tahun;
  4. Jenjang pendidikan terakhir minimal S2, dibuktikan dengan salinan ijazah dan transkrip nilai;
  5. Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris dengan skor minimal: TOEFL ITP 550/TOEFL iBT 75/TOEIC 570/PTE 50/IELTS 6,0;
  6. Memiliki surat izin dari pemimpin instansi asal untuk mengikuti pelatihan bahasa Inggris selama 3 (tiga) bulan secara penuh waktu (full time);
  7. Tidak berstatus sedang izin belajar atau tugas belajar;
  8. Belum pernah mengikuti program PKBI yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; dan
  9. Bersedia mengikuti program PKBI secara intensif dari awal sampai selesai, dibuktikan dengan menandatangani surat pernyataan kesediaan sesuai format terlampir.
Kami mohon agar calon peserta program yang memenuhi persyaratan tersebut di atas kami persilakan untuk mendaftar melalui laman http://beasiswadosen.kemdikbud.go.id/bahasa.

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut terkait program PKBI, silakan menghubungi panitia penyelenggara program melalui email: bln.dikti@kemdikbud.go.id.

Atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih

Direktur Sumber Daya,
ttd
Mohammad Sofwan Effendi
NIP 196404031985031008

Tembusan:
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (sebagai laporan)

Lampiran
1. Salinan surat Download
2. Panduan Kegiatan Download
3. Mekanisme Pelaksanaan Download
4. Form Surat Komitmen Download

Artikel bermanfaat lainnya tersedia di link berikut

Post a Comment for "Tawaran Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI) Tahun 2021"