Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan SIMKATMAWA Tahun 2021

Kingramli.com - Sebagaimana dinyatakan di dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mutu atau kompetensi lulusan merupakan pertimbangan utama dicetuskannya program MBKM ini.

Melalui MBKM mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui berbagai bentuk kegiatan pembelajaran, dengan harapan kelak pada gilirannya dapat menghasilkan lulusan yang siap untuk memenangkan tantangan kehidupan yang semakin kompleks di abad ke-21.

Dengan demikian peran bidang kemahasiswaan menjadi sangat strategis, baik pada tataran kelembagaan kemahasiswaan di Perguruan Tinggi (PT), peningkatan prestasi mahasiswa dan atau pengembangan minat, bakat, penalaran, dan kreativitas serta keilmuan dan keprofesian.

Mahasiswa bukan hanya dibekali dengan kemampuan atau kompetensi akademik semata, namun juga harus dibekali dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan soft skills mereka.

Demi terwujudnya cita-cita dan harapan mulia tersebut, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti mendorong perguruan tinggi untuk terus mengembangkan program kemahasiswaan melalui berbagai program hibah, lomba/kompetisi, afirmasi atau lainnya.

Kebijakan ini dibarengi dengan pelaksanaan evaluasi dalam bentuk penilaian kinerja dan pemeringkatan dalam bentuk SIMKATMAWA yang sekaligus menjadi wahana bagi PT melaporkan prestasi-prestasi mahasiswa dan institusi bidang kemahasiswaan terkait.

Keep stay di blog kami untuk update info dan artikel menarik lainnya.


Di dalam SIMKATMAWA tahun 2021 dilakukan beberapa penyesuaian terutama terkait dengan program MBKM dengan tetap menilai kinerja program bidang kemahasiswaan yang telah berjalan yaitu kesiapan kelembagaan maupun prestasi mahasiswa dalam kegiatan lomba dan non lomba tahun 2020.

Dengan adanya SIMKATMAWA ini diharapkan dapat mendorong perguruan tinggi untuk lebih meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik secara kelembagaan maupun prestasi mahasiswa. Kepada semua pihak yang membantu tersusunnya pedoman ini kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kontribusi waktu, tenaga, dan pikiran untuk bersama-sama mendorong peningkatan mutu mahasiswa Indonesia.

Berikut panduan Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Mahasiswa (Simkatmawa) Tahun 2021, file dapat di download di link berikut Download

Artikel bermanfaat lainnya tersedia di link berikut

Post a Comment for "Panduan SIMKATMAWA Tahun 2021"