Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Data Diri dan Tridharma Menuju Penjaringan Sertifikasi Dosen (SERDOS)


Hai Sobat Kingramli.com - Kali ini kami akan membahas tentang persiapan yang perlu dilakukan oleh Dosen menuju penjaringan Seritikasi Dosen (SERDOS)

Seperti yang sudah anda tahu, diakhir maret 2020 lalu Dosen dihebohkan dengan keluarnya pengumuman penjaringan sertifikasi dosen (Serdos) gelombang 1 tahun 2020. Infonya disini.

Maka mulai saat itu, para dosen berlomba-lomba mendatangi operator atau Admin PT, baik pagi, siang, sore, malam, bahkan tengah malam atau pagi dini hari untuk mencari informasi terkait Prosedur, Persyaratan dan Tata Cara mengikuti penjaringan Serdos.

Padahal data penjaringan serdos, dapat dilengkapi secara mandiri oleh dosen yang bersangkutan di akun SISTER-nya masing-masing, adapun Admin PT adalah sebagai tim validasi pengajuan perbaikan, perubahan dan update data dosen untuk diteruskan ke LLDikti.

Untuk itu, kali ini Kami mengupas khusus hal yang perlu di persiapkan oleh dosen menuju penjaringan serdos.

Keep stay di blog kami untuk update info dan artikel menarik lainnya

Untuk memulai, anda perlu memahami beberapa hal berikut, karena ini penting untuk komunikasi antara admin PT dengan Dosen :
  1. Panduan ini dimaksudkan untuk menghilangkan prasangka antara Dosen dengan Admin PT mengenai Data dosen di Sister serta hal hal yang terkait dengannya, karena Acuan penjaringan Serdos adalah kelengkapan data profil dan tridharma dosen yang terlapor di SISTER.
  2. Sejak adanya aplikasi SISTER, maka seluruh Data profil dan Tridharma Dosen di SISTER menjadi tangung-jawab dosen sendiri untuk mengubah, memperbaiki atau meng-update data terkini terkait dosen, termasuk untk meng-update segala hal terkait penjaringan serdos
  3. Karenanya, Jika ditemukan data yang salah atau kurang tepat atau ada update terbaru terkait profil dan tridharma anda, silakan langsung anda perbaiki secara mandiri di SISTER tanpa perlu mencari dulu kambing hitam, karena mencarinya 😀.
Jika hal tersebut sudah dipahami dengan baik, maka berikut kami ulas, berkas apa saja yang perlu disiapkan oleh dosen menuju penjaringan serdos

Berikut adalah Data utama yang wajib ada saat menuju penjaringan D1 SERDOS, kurang satu saja anda belum layak mengikuti serdos alias Anda Belum Beruntung
  1. Pastikan pendidikan anda minimal S2. Jika belum, silakan lanjut studi dulu 😀.
  2. Pastikan anda sudah punya NIDN atau minimal NIDK, jika belum silakan urus dulu dikamus anda 😀.
  3. Pastikan anda sudah punya akun SISTER di kampus anda dan aktif menggunakannya. Jika belum, silakan register dulu di kampus anda 😀.
  4. Pastikan anda sudah punya SK Pengangkatan sebagai Dosen Tetap Yayasan atau SK CPNS untuk Dosen PNS. Inggat !!!, Pastingan Terhitung Mulai Menjadi Dosen (TMMD) di SK ini sudah di atas 2 (dua) tahun saat penjaringan SERDOS. Jika kurang, maka anda belum layak mengikuti penjaringan serdos alias Belum Beruntung 😢. (update aturan baru: Seluruh SK disesuaikan ke tanggal 1 april atau 1 oktober, dua tahun maksudnya adalah sejak tanggal 1 april atau 1 oktober. misal jika punya sk yang tmt sejak 1 Mei 2019 maka akan disesuaikan oleh sistem ke tanggal 1 oktober 2019, maka terhitung bulan januari 2021 baru 1 tahun 4 bulan, belum sampai 2 tahun)
  5. Pastikan masa mengabdi anda menjadi dosen sudah di atas 2 (dua) tahun, dibuktikan dengan laporan Feeder yang sudah masuk ke SISTER minimal 4 smt.
    Catatan :
    1. Untuk Dosen yang pindah antar kampus, minimal 4 smt di kampus baru
    2. Untuk Dosen Yayasan yang alih fungsi menjadi Dosen PNS, minimal 4 smt sejak SK CPNS
  6. Siapkan semua SK Jabatan Fungsionl anda, minimal sudah punya Jabatan Fungsional sebagai Asisten Ahli. Jika belum punya, silakan di urus dulu.
  7. Siapkan semua SK Inpassing/Perpangkatan anda, minimal anda sudah punya Inpassing sebagai Penata Muda IIIa. Jika belum punya, silakan di urus dulu.

Data diatas, wajib ada dan tersedia ketika anda menuju penjaringan D1. Jika anda dinyatakan Lolos masuk penjaringan D1 karena berkas anda di SISTER sudah lengkap, maka anda mempersiapan data tambahan untuk keperluan penjaringan D3 sampai D5.

Berikut adalah Data utama yang wajib ada saat menuju penjaringan D3 sampai D5 SERDOS, kurang satu saja anda belum layak mengikuti serdos alias Anda Belum Beruntung
  1. Pastikan anda sudah punya sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) atau dari Lembaga yang diakui menurut edaran SERDOS.
  2. Pastikan anda sudah punya sertifikat Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) atau dari Lembaga yang diakui menurut edaran SERDOS.
  3. Pastikan anda sudah punya berbagai sertifikat Pendidikan dan Latihan (Diklat) dalam rangka pengembangan diri terkait Potensi dan Kemampuan anda sebagai Dosen Profesional.
  4. Pastikan anda sudah melakukan karya penelitian, minimal proposal penelitian sebagai bukti anda melaksanakan tridharma perguruan tinggi.
  5. Pastikan anda punya karya yang sudah dipublikasikan, minimal proses publikasi dan hampir terbit, serta punya akun sinta.
  6. Pastikan anda sudah melakukan pengabdian pada masyarakat dan terlapor di simlitabmas, minimal sudah punya laporan hasil pengabdian pada masyarakat.
  7. Pastikan anda sudah punya SK Pembimbingan, Pendampingan, Pembina kegiatan kemahasiswaan Non-Akademik di kampus anda, seperti pembina UKM, PKM, Kompetisi dll, dan Pastikan sudah dilaporkan oleh admin PT ke Aplikasi Feeder PDDikti setiap semester dan sudah disinkron ampe 100% ke Dikti. Tutorial Pelaporannya ke sini
  8. Pastikan anda sudah punya berbagai sertifikat kegiatan pertemuan ilmiah seperti seminar dan lainnya, sebagai bukti anda dosen profesional.
  9. Pastikan anda sudah punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), baik NPWP pribadi atau NPWP Gabungan suami-istri, sebagai bukti bahwa anda adalah warga negara yang taat pajak
  10. Pastikan anda punya riwayat Pengajaran, Pembingan dan Pengujian mahasiswa yang sudah terlapor di feeder minimal 4 smt, sebagai bukti anda aktif melaksanakan tridharma perguruan tinggi
Selain data data di atas anda perlu menyiapkan beberapa data tambahan berikut sebagai penunjang dan penambah poin profil dan tridharma anda.
  1. Memiliki sertifikat Diklat Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) dan atau sertifikat Applied Approach (AA) sebagai bukti anda dosen profesional. Sertifikat ini bis amenggantikan TKBI atau TKDA jika anda sudah punya jbatan fungsional Lektor, atau Jabatan Fungsional Asisten ahli jika sudah mengabdi minimal 20 tahun
  2. Memiliki Sertifikat Penghargaan sebagai dosen berprestasi dibidang tertentu
  3. Aktif di organisasi Asosiasi dosen
  4. Aktif mengelola jurnal kampus
  5. dan lain-lain
Jika semua data di atas sudah anda miliki, saatnya anda melakukan perbaikan, koreksi atau update anda anda di SISTER, Insya Allah panduannya menyusul

Keep stay di blog kami untuk update info dan artikel menarik lainnya

Untuk penjelasan detailnya bisa anda ikuti di vidio berikut ini, jangan lupa like, subscribe dan bunyikan tanda lonceng untuk mendapatkan update terkini dari channel Kingramli.
wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Post a Comment for "Persiapan Data Diri dan Tridharma Menuju Penjaringan Sertifikasi Dosen (SERDOS)"