Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instrumen Kualifikasi SDM Indonesia-ASEAN

Edaran Komite Nasional Kualifikasi Indonesia Nomor B/06/B.B4/KKNIS/2019 Tanggal 20 Juli 2019 Tentang Instrumen Kualifikasi SDM Indonesia-ASEAN

Kepada Yth.
Pimpinan dan Civitas Academica Perguruan Tinggi
di Tempat

Surat Asli dapat download di link berikut

Bersama ini kami sampaikan bahwa salah satu kewajiban utama dari Indonesia sebagai anggota ASEAN adalah melakukan perbandingan kualifikasi SDM Indonesia terhadap kualifikasi SDM yang diakui oleh ASEAN. Proses ini disebut dengan proses perujukan atau referencing. Adapun tujuan utama dari aktifitas referencing ini adalah :
  1. Agar masyarakat ASEAN memahami Sistem Pendidikan Indonesia yang mencakup pendidikan formal, pendidikan nonformal, pelatihan & kursus, pendidikan informal, otodidak, pendidikan keluarga, pendidikan lingkungan, dll.
  2. Agar luaran dari berbagai jalur dan jenis pendidikan di Indonesia yang dinyatakan dalam level kualifikasi dalam pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dimengerti dengan baik oleh masyarakat ASEAN
  3. Agar masyarakat ASEAN mengakui perbandingan kualifikasi SDM Indonesia yang dinyatakan oleh KKNI terhadap kualifikasi SDM ASEAN yang dinyatakan oleh Kerangka Kualifikasi ASEAN (ASEAN Qualification Reference Framework / AQRF)


Apabila tujuan ini berhasil dicapai, maka mobilitas tenaga kerja Indonesia di arena pasar kerja ASEAN dan di regional lainnya akan lebih mudah tercapai.

Terkait dengan hal tersebut, kami mohon masukan Bapak/Ibu melalui laman https://s.id/Kualifikasi-SDM-Indonesia-ASEAN. Peran Bapak/Ibu sangat diperlukan agar pengakuan negara-negara ASEAN lainnya terhadap kualitas SDM Indonesia diakui secara resmi

Semua data personal yang telah Bapak/Ibu input dalam laman tersebut akan diperlakukan secara rahasia dan tidak akan dibagikan kepada pihak lain melalui media apapun.

Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kerja sama dan kontribusi Bapak/Ibu dalam memperkuat kemaslahatan SDM Indonesia di ASEAN

Ketua Komite,
ttd
Ismunandar
NIP. 197006091994021001


Lampiran :

Untuk kepentingan dan kemaslahatan Bangsa dan Negara, dimohon dengan hormat untuk memberikan informasi pada laman berikut.

Untuk Civitas Academica dapat menggunakan link di bawah ini
https://bit.ly/Kualifikasi-SDM-Indonesia-ASEAN atau https://s.id/Kualifikasi-SDM-Indonesia-ASEAN

Bagi Pemangku Kepentingan SDM Indonesia yang non Civitas Academica mohon dapat menggunakan link di bawah ini
https://s.id/Kualifikasi-SDM-Indonesia-di-ASEAN atau https://bit.ly/Kualifikasi-SDM-Indonesia-di-ASEAN

Sumber :  lldikti8.ristekdikti.go.id

Post a Comment for "Instrumen Kualifikasi SDM Indonesia-ASEAN"