Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Kampus Penyelenggara Resmi TKDA dan TKBI Serdos


Kingramli.com - Dosen profesional yaitu dosen yang mempunyai kompetensi yang mumpuni dibidangnya sehingga mampu melaksanakan tridarma perguruan tinggi yaitu mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bentuk Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Untuk menjadi profesional, dosen perlu mengembangkan diri di perguruan tinggi dengan melakukan berbagai upaya, salah satunya yaitu mampu menguasasi bahasa internasional yaitu bahasa inggris yang dibuktikan dengan sertifikat kemampuan berbahasa inggris seperti TOEP dan lainnya serta punya potensi dibidang akademik yang dibuktikan dengan sertifikat kemampuan potensi akademik (TPDA)

Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) yang sering dikenal dengan nama Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) merupakan tes yang mengukur kemampuan kognitif individu yang diselenggarakan secara daring di Indonesia yang diperlukan bagi seseorang untuk dapat menyelesaikan studi di lingkungan pendidikan tinggi.

Tes ini terdiri dari bagian verbal, numerical, dan figural dalam 8 subtest dengan total 160 butir soal. Tes verbal terdiri Analogy, Logical Reasoning, dan Analytical Reasoning. Tes numerical terdiri dari Arithmetic, Number Series, dan Word Problem. Tes figural terdiri dari Figure Analysis and Synthesis dan Spatial Reasoning. Skor dilaporkan dalam standar CEEB dengan rentang 200-800.

Test of English Proficiency (TOEP) adalah tes kemahiran berbahasa Inggris (TKBI) dalam konteks akademik yang diselenggarakan secara daring menggunakan komputer multimedia. Tes ini mengukur kemahiran bahasa Inggris peserta yang ditunjukkan dengan skor tes mulai dari 0 (nol) yang berarti belum menjadi pengguna bahasa Inggris sampai 100 (seratus) yang berarti pengguna bahasa Inggris yang sangat mahir.

Tes TOEP secara akurat mengukur tingkat kemahiran berbahasa Inggris utamanya keterampilan reseptif, yaitu keterampilan menyimak ujaran-ujaran dalam peristiwa komunikasi lisan dan keterampilan memahami isi bacaan. Untuk keterampilan produktif (berbicara dan menulis), layanan tes diberikan sesuai dengan permintaan.

Untuk menunjang pelaksanaan Serdos Smart 2021 dimana salah satu syaratnya adalah peserta mempunyai sertifikat TKDA dan TKBI, maka Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi melalu Direktur Sumber Daya melakukan Penawaran Resmi Penyelenggara Tes Kemampuan Berbahasa Inggris (TKBI) dan Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) kepada Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri, Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta, Pimpinan TEFLIN, Pimpinan Himpsi melalui surat edaran nomor 1190/E4/KK.01.01/2021 tanggal 4 Mei 2021

Sebagai hasilnya, berdasarkan seleksi proposal penyelenggara Tes Kemampuan Berbahasa Inggris (TKBA) dan Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA), maka Direktur Sumber Daya Dikti telah merilis Daftar Lembaga Penyelenggara TKDA dan TKBI yang memenuhi kriteria sebagai Penyelenggara TKBI/TKDA untuk pemenuhan persyaratan Sertifikasi Pendidik untuk Dosen.

Direktur Sumber Daya merilis nama nama Perguruan Tinggi/Organisasi Profesi sebagai Penyelenggara Resmi TKBI/TKDA dengan surat edaran nomor 2562/E4/KK.01.01/2021 tanggal 11 Agustus 2021 tentang Hasil Seleksi Penyelenggara Tes Kemampuan Berbahasa Inggris (TKBI) dan Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA)

Dari rilisan tersebut didapat beberapa ketentuan di antaranya adalah Penyelenggara TKBI/TKDA menggunakan NIDN/NIDK sebagai salah satu identitas utama peserta tes.

Direktorat Sumber Daya secara berkala akan melakukan monitoring dan evaluasi Penyelenggara TKBI/TKDA.

Selain itu, ada yang berbeda dari sistem penyelenggaraan test di tahun tahun sebelumnya yaitu Penyelenggara TKBI/TKDA melaporkan data skor dan sertifikat peserta tes kepada Direktorat Sumber Daya melalui aplikasi SISTER.

Untuk diketahui, di tahun tahun sebelumnya peserta TKBI/TKDA setelah berhasil mendapatkan sertifikat TKBI/TKDA, mereka secara mandiri melaporkan atau mengupload sertifikat test yang didapat ke aplikasi SISTER yang kemudian Tim Sister Dikti yang melakukan validasi terhadap data tersebut setelah di SInkton oleh admin kampus.

Keep stay di blog kami untuk update info dan artikel menarik lainnya.

Berikut adalah Daftar Nama Perguruan Tinggi/Organisasi Profesi Penyelenggara Resmi TKBI/TKDA Tahun 2021

Penyelenggara TKBI/TKDA
No Perguruan Tinggi/Organisasi Profesi TKDA TKBI
1 Universitas Airlangga TKDA -
2 Universitas Gadjah Mada TKDA TKBI (AcEPT)
3 Universitas Indonesia TKDA TKBI (EPT UI)
4 Universitas Padjadjaran TKDA -
5 Universitas Muhammadiyah Malang - TKBI (TAEP)
6 Universitas Sebelas Maret - TKBI (TEAP)
7 Institut Teknologi Bandung - TKBI (ELPT)
8 Universitas Negeri Yogyakarta - TKBI (Pro-TEFL)
9 Universitas Pendidikan Indonesia - TKBI (PTESOL)
10 TEFLIN - TKBI (TOEP)
11 Himpsi TKDA (TPDA)
Lampiran
Salinan surat asli dan Lampirannya Download

Artikel bermanfaat lainnya tersedia di link berikut

Post a Comment for "Daftar Kampus Penyelenggara Resmi TKDA dan TKBI Serdos"